June 10, 2016

Lovina – Dolphin Tour

[Best_Wordpress_Gallery id=”7″ gal_title=”FD Dolphin Tour”]

Pantai Lovina termasuk obyek wisata yang berada di wilayah pesisir Bali Utara. Tepatnya menuju 10 km ke arah barat Kota Singaraja. Lokasinya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Oleh sebab itu lebih dikenal dengan obyek wisata Kalibukbuk.

Pantai Lovina ini memiliki hamparan pasir hitam yang masih sangat alami, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Perjalanan ke tengah laut diperairan juga Lovina sangat menarik untuk dikunjungi, anda dapat menjumpai lumba-lumba sekitar 1 km dari bibir pantai. Laut Lovina yang relatif tenang sehingga bisa berwisata dengan menggunakan perahu nelayan.

Pantai Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Di pantai ini terdapat ratusan lumba-lumba. Untuk dapat melihat lumba-lumba beraksi, anda harus berangkat ke tengah laut sebelum matahari terbit. Lumba–lumba akan bermunculan antara jam 6 hingga jam 8 pagi. Ada yang melompat-lompat ke permukaan, dan ada juga yang sekedar berenang. Sangat menarik aksi binatang laut berwarna hitam yang satu ini.

Wisatawan yang berkunjung dapat menyewa perahu yang khusus disediakan untuk wisata ini. Sambil menuju ke tengah laut untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba anda juga dapat menyaksikan perairan laut Lovina yang indah dan alami. Anda dapat menikmati obyek wisata ini selama 3 jam. Nelayan akan mengantar anda ke tempat dimana lumba-lumba sering bermunculan.

Air Panas Banjar merupakan salah satu mata air panas dari banyak objek wisata di Bali yang bisa dikunjungi oleh Anda dan juga wisatawan lainnya. Air panas ini bersumber dari mata air alam yang dianggap banyak kalangan bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sepert kudis, kutu air, kurap, maupun panu. Demikian juga, bahwa air panas ini bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit karena kandungan belerangnya. Objek wisata air panas Banjar ini memang masih dikelola secara sederhana, namun hal demikian tak membuat objek wisata yang mengandalkan alam ini tak serta-merta kurang diminati pengunjungnya. Banyak diantara mereka yang ketagihan untuk datang lagi dan lagi mengunjungi air panas ini karena selain bisa menyembuhkan penyakit juga keadaan alamnya yang masih asri. Bahkan banyak diantara pengunjung yang berendam di air panas ini karena keteduhan  dan kejernihan airnya.

Air terjun Gitgit adalah salah satu tempat wisata di Bali utara yang mampu mempesona turis domestik dan mancanegara yang berada dekat dengan Singaraja. Hal menarik yang akan anda temui sebelum mencapai tujuan adalah pemandangan sepanjang perjalanan setelah anda memarkirkan kendaraan. Memang, untuk mencapai lokasi ini anda wajib berjalan kaki beberapa ratus meter hingga mencapai air terjun. Tetapi jangan kuatir karena keindahan yang mempesona yang melewati sawah, kebun kopi maupun cengkeh, akan membuat anda lupa terhadap rasa lelah. Apalagi jika anda sudah berada di depan air terjun Gitgit yang menakjubkan ini. Dinginnya air akan membuat anda merasa segar. Kawasan air terjun yang indah ini berada di desa Gitgit, kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Dari kota Singaraja berjarak 11 km ke arah Selatan. Sedangkan jika anda berangkat dari Denpasar berjarak 90 km. Ketinggian air terjun ini 35 meter, dan ini adalah yang tertinggi di pulau Bali. Ketinggian ini sama dengan aia tajun lembah Anai yang merupakan tempat wisata kebanggaan di Padang.  Gitgit merupakan obyek populer bersama dengan pantai Lovina yang merupakan andalan wisata Singaraja. Jika anda berangkat dari wilayah Kuta atau Denpasar, maka perjalanan yang dilakukan akan melewati Bedugul lalu kemudian anda menuruni pegunungan yang memiliki pemandangan indah hingga ke lokasi air terjun Gitgit. Selain melihat keelokan air terjun Gitgit, di kawasan Singaraja ini juga terkenal dengan keberadaan air terjun lain, seperti Campuhan (kembar), Bertingkat dan Colek Pamor. Untuk yang terakhir ini berada di tengah hutan sehingga dibutuhkan stamina yang prima jika anda ingin melihat keindahannya.

Pura Ulun Danu Beratan merupakan sebuah candi air besar di Bali. Pura ini terletak di dataran tinggi Desa Bedugul Kabupaten Tabanan. Sebuah Dataran tinggi yang menjadi daerah wisata unggulan Pulau Bali. Di daerah yang berhawa sejuk ini, Anda akan disajikan pesona keindahan Danau Beratan yang sangat indah. Sebagai salah satu ikon pulau Bali, Anda pasti mengenal pura suci ini, setidaknya dapat melihatnya dari gambar uang kertas Rp50.000,00. Pura Ulun Danu Beratan berada di tepi Danau Beratan. Di depan halaman sebelah kiri dari Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas babaturan (teras). Diperkirakan bahwa lokasi Pura Ulun Danu Beratan telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak zaman megalitik. Terletak di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan kadang-kadang di selimuti kabut. Keindahan alam pegunungan dan Danau Beratan yang bersih sangat mempesona, di tengahnya ada sebuah pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Ini adalah objek wisata yang akan sangat sayang sekali apabila Anda lewatkan saat datang ke Bali